FORGOT YOUR DETAILS?

PROFIL UNSPRESS

Unit Pelaksana Teknis Penerbitan dan Pencetakan Universitas Sebelas Maret atau yang lebih dikenal dengan nama UNS Press adalah salah satu unit penunjang Universitas Sebelas Maret yang berfungsi melaksanakan fungsi penerbitan. UNS Press didirikan bertujuan untuk menerbitkan buku jurnal, majalah, dan produk penerbitan lainnya. UNS Press menerbitkan karya ilmiah, terutama buku, yang pengarangnya berasal dari UNS sendiri dan dari luar UNS, baik dari lingkungan perguruan tinggi maupun dari luar perguruan tinggi, yang bertalian dengan pendidikan, hasil simposium atau seminar, dan hasil penelitian. UNS Press berusaha menjaga mutu terbitannya, terutama mengenai isi dan bahasanya. UNS Press berkomitmen untuk memposisikan diri sebagai penerbit mandiri, profesional, standar ketat,kualitas teruji, dan dengan biaya yang relatif murah. UNS Press berdiri pada tanggal 14 Agustus 1989 dengan SK Rektor No. 154/PT.40.D/89 tentang pembentukan Unit Pelaksana Teknis Penerbitan dan Pencetakan Universitas Sebelas Maret. Tugas Utama UNS Press adalah melakukan kegiatan di bidang penerbitan dan pencetakan yang bersifat teknis, baik dengan buku maupun nonbuku. Sejak berdiri 21 tahun yang lalu, UNS Press telah berganti pimpinan sebanyak 3 kali, yaitu Dr. Sudiro Sutoto, Drs. A. Himawan, dan Drs. Y. Radiyono. Pada awal tahun 2004 UNS mempunyai jabatan baru yaitu sekretaris yang dijabat oleh Kundharu Saddhono, S.S., M.Hum. Mulai tahun 2011 sampai sekarang UNS Press dipimpin oleh Drs. Bambang Prawiro, M.M.

VISI DAN MISI

VISI

UNS Press menjadi pusat penerbitan, pencetakan, dan pemasaran buku yang andal, profesional, aktif, dan kreatif di tingkat nasional dan internasional.

MISI

1. Memberikan layanan jasa cetak dan penerbitan buku kepada civitas akademika UNS.

2. Memberikan layanan jasa cetak dan penerbitan buku kepada masyarakat.

3. Memberikan layanan kerja sama dengan civitas akademika UNS dan masyarakat.

TUJUAN

1.   Mendorong tumbuh dan berkembangnya budaya membaca, menulis, dan menerbitkan buku untuk meningkatkan atmosfir ilmiah.

2. Meningkatkan layanan pencetakan dan penerbitan buku, pelatihan di bidang design, penerbitan dan pencetakan dalam rangka penguatan bidang akademik.

3. Menyebarluaskan buku dan karya ilmiah ke masyarakat luas untuk membangun dan mengembangkan keilmuan dan budaya akademik.

4.   Menjalin kerja sama dengan lembaga di dalam dan luar negeri dalam rangka meningkatkan kerja sama di bidang  penulisan, penerbitan, pencetakan, perakitan, dan pemasaran.

5.   Meningkatkan sumber daya manusia dalam rangka menjadikan penerbitan dan pencetakan UNS yang andal dan profesional.

6.   Meningkatkan kualitas produk yang dihasil kan dengan memelihara dan modernisasi peralatan.

TOP